SRO Gelar Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 13 April 2021 - 18:25:00 WIB
SRO Gelar Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia
Ilustrasi Gedung Bursa Efek Indonesia.

JAKARTA, iNews.id - Self Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Direktorat Pasar Modal Syariah menggelar kegiatan bertajuk “Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia”.

Menurut Sekretaris Perusahaan BEI, Yulianto Aji Sadono, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 10 tahun peluncuran Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Nomor 80, serta Sharia Online Trading System (SOTS), sebagai momen kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia. 

"Rangkaian kegiatan Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia diselenggarakan mulai 12 April 2021 hingga 31 April 2021 secara virtual, yang diawali dengan opening ceremony pada Senin (12/4/2021)," kata Yulianto, dalam siaran pers, Selasa (13/4/2021).

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan "Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia” antara lain, peluncuran microsite IDX Islamic dan kick off program edukasi Pasar Modal Syariah 2021, pemberian Penghargaan Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia, peluncuran Fatwa DSN MUI Nomor 138, webinar series pasar modal syariah, serta kompetisi dan special giveaway promo microsite IDX Islamic.

Bertepatan dengan opening ceremony "Satu Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah Indonesia”, BEI secara resmi melakukan kick-off program edukasi pasar modal syariah tahun 2021 yang dikembangkan dan disesuaikan dengan kondisi saat ini terkait dampak pandemi Covid-19. 

Program tersebut terdiri dari kegiatan literasi, inklusi hingga aktivasi seperti SPMS, Obrolan of The Day (OOTD), Investasi Syariah Virtual (INSYAV), Kelas Aktivasi INSYAV (KASYAV), dan IDX Islamic-Market Pit Stop yang merupakan bagian dari program edukasi. 

Selain itu, BEI juga menyelenggarakan IDX Islamic Challenge 2021 (I2C) yang telah dilaksanakan secara rutin sejak 2018. Program ini bekerjasama dengan Perusahaan Sekuritas Anggota Bursa yang telah mengimplementasikan SOTS untuk memberikan apresiasi kepada investor yang aktif bertransaksi
saham syariah. 

Menurut Yulianto, program tersebut akan dilaksanakan dalam 2 periode, yaitu pada bulan April sampai dengan Juni tahun 2021 dan dilanjutkan pada bulan Juli sampai dengan September tahun 2021.

"Pemenang I2C akan diumumkan pada acara Sharia Investment Week 2021 yang akan diselenggarakan pada November 2021," ujar Yulianto.

Editor : Jeanny Aipassa