Tetap Beroperasi Saat Mudik Lebaran, AirAsia Wajibkan Penumpang Sertakan SIKM

Giri Hartomo ยท Kamis, 15 April 2021 - 18:08:00 WIB
Tetap Beroperasi Saat Mudik Lebaran, AirAsia Wajibkan Penumpang Sertakan SIKM
ilustrasi Pesawat AirAsia

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah melarang mudik lebaran pada tahun ini. Meski demikian, armada AirAsia Indonesia  akan tetap beroperasi melayani penerbangan rute domestik selama libur lebaran tahun ini. 

Menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, pihaknya akan mengikuti arahan dari pemerintah terkait larangan mudik. Seperti diketahui, larangan mudik sekaligus melarang moda transportasi untuk beroperasi selama periode 6-17 Mei 2021.

Meski demikian, Veranita mengatakan, AirAsia Indonesia akan tetap beroperasi melayani penerbangan rute domestik, dengan beberapa ketentuan, antara lain surat izin perjalanan tertulis dari pimpinan instansi atau  perusahaan, juga surat izin perjalanan tertulis dari Kepala Desa atau Lurah. 

“Atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) khusus Jakarta,” ujar Veranita, kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (15/4/2021).

Sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, ada beberapa orang yang dapat melakukan perjalanan pada periode 6-17 Mei 2021. Seperti misalnya bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit hingga kunjungan duka karena anggota keluarga meninggal.

“Selain itu, kami juga melayani penerbangan untuk ibu hamil yang didampingi oleh 1 orang anggota keluarga atau 2 orang anggota keluarga untuk kepentingan persalinan,” ujar Veranita.

Editor : Jeanny Aipassa