Tips Atur Keuangan bagi Pekerja Lepas di Tengah Pandemi Virus Corona

Djairan ยท Senin, 23 Maret 2020 - 15:31 WIB
Tips Atur Keuangan bagi Pekerja Lepas di Tengah Pandemi Virus Corona

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Di saat wabah virus corona semakin parah seperti sekarang ini, dampaknya bisa kepada turunnya penghasilan para pekerja. Dengan adanya kebijakan pemerintah yang menyarankan orang-orang untuk menghindari pertemuan atau keramaian untuk mempersempit penyebaran virus corona, semakin banyak perusahaan, organisasi atau komunitas yang membatalkan acara atau mengurangi pelayanan.

Hal ini menjadi berita buruk bagi para pekerja lepas, kontraktor independen dan pekerja yang menggantungkan pekerjaannya kepada acara-acara besar. Seperti di Jakarta yang banyak terdapat pekerja di event organizer, pengemudi, kurir pengiriman barang, hingga vendor. Pandemi virus korona jelas membuat penghasilan mereka menurun saat rutinitas kegiatan mengering seperti sekarang.

Lantas bagaimana Anda mempersiapkan kondisi keuangan di tengah ancaman penurunan penghasilan secara tiba-tiba seperti hari ini?. Dikutip dari CNN Business, berikut beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan Anda.

Berhemat dan Tingkatkan Dana Tabungan 

Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk berhemat guna menambah jumlah tabungan atau dana cadangan Anda. Hal ini menjadi prioritas utama hari ini.

Jumlahnya tentu tergantung pada bidang pekerjaan serta besaran penghasilan Anda. Mike Zung, perencana keuangan di Java Wealth menyampaikan, untuk para pekerja lepas dapat melakukan penghematan untuk meningkatkan dana cadangan yang cukup menutupi biaya tiga bulan ke depan.

"Bagi Anda yang berada pada posisi yang sangat terspesialisasi dan mendapatkan gaji tinggi, jika sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan, Anda bisa berisiko lebih besar untuk menganggur atau bahkan menganggur untuk jangka waktu yang lebih lama," kata Zung. "Tabungan atau dana darurat mungkin harus bisa menutupi biaya enam hingga sembilan bulan."

Pastikan dana cadangan Anda terpisah dari rekening harian Anda, kata Cory Nichols, pelatih keuangan di Yes Life Financial.

Periksa Pengeluaran

Untuk mengetahui berapa banyak penghematan yang diinginkan, periksa pengeluaran dan cari tahu berapa banyak dana yang benar-benar Anda butuhkan untuk pengeluaran satu bulan ke depan.

"Jika saat ini Anda dapat membayar hipotek atau pembayaran cicilan mobil yang lebih tinggi, tidak berarti Anda akan mampu lakukan itu jika Anda kekurangan penghasilan bahkan diberhentikan," kata Joseph Brady, perencana keuangan dengan Rock Financial Planning. Hal itu dapat diatasi dengan Anda melacak apa yang masuk dan keluar.

Selain membayar utang kartu kredit, Brady menyarankan untuk pindah ke rencana pembayaran tunai secara keseluruhan.

"Tarik uang tunai untuk membayar semua kebutuhan, agar kamu tidak terbiasa membebankan biaya saja," kata Brady. "Meskipun ini mungkin tampak sulit pada awalnya jika Anda tidak terbiasa, itu membantu Anda untuk memahami pengeluaran Anda yang sebenarnya."

Mencari Pendapatan Alternatif

Jika khawatir penghasilan akan berkurang, Anda seharusnya dapat meningkatkan arus kas dan memangkas biaya, kata Brian Berkenhoff, seorang analis keuangan charter dengan Birch Investment Management di South Dakota.

Jika penghasilan menurun, Anda mungkin perlu menambah penghasilan dengan jenis pekerjaan lain, tetapi tetap prioritaskan waktu untuk mengerjakan bisnis, kata Ben Henry-Moreland, perencana keuangan bersertifikat dengan Freelance Financial Planning di Omaha.

Pilih Asuransi yang Tepat

Memiliki polis asuransi jiwa yang terpisah dari yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, terutama asuransi kesehatan, dapat melindungi Anda dari kehilangan pendapatan atau masalah kesehatan yang mendadak.

Secara umum, polis asuransi jiwa pada kelompok pengusaha akan berakhir ketika meninggalkan pekerjaan dan Anda harus mengajukan permohonan pertanggungan baru. Ini biasanya bukan masalah besar, tetapi beberapa kondisi kesehatan dapat menyulitkan beberapa orang untuk menemukan kebijakan yang terjangkau.


Editor : Ranto Rajagukguk