Warga Kampung Miliarder di Tuban Keluhkan Uang Habis, Begini Perencanaan Keuangan yang Tepat

Iqbal Dwi Purnama · Rabu, 26 Januari 2022 - 19:04:00 WIB
Warga Kampung Miliarder di Tuban Keluhkan Uang Habis, Begini Perencanaan Keuangan yang Tepat
Warga kampung miliarder jadi pengangguran, uang habis dan meminta diperkerjakan di Kilang Pertamina Tuban. Begini perencanaan keuangan yang tepat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kampung miliarder di Kabupaten, Jawa Timur viral setahun yang lalu. Namun, kini masyarakatnya menjadi pengangguran dan berunjuk rasa meminta diperkerjakan di Kilang Minyak Pertamina Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

Pasalnya, setelah mendapat ganti rugi lahan, warga kampung miliarder ini menggunakan uang tersebut untuk membeli mobil hingga membangun rumah. 

CFP Perencana Keuangan OneShildt Financial Independence, Agustina Fitria mengatakan, pentingnya melakukan perencanaan keuangan ketika seseorang mendapatkan rezeki yang tidak biasa dari penghasilan sebelumnya.

Menurutnya, orang yang tidak biasa mendapat atau memegang uang yang banyak akan terlena dengan euforia semata, dan cenderung konsumtif dan mengenyampingkan perencanaan keuangan.

"Kalau mendapat uang yang besar secara tiba-tiba harus dipikirkan lagi, selama itu mereka hidup dari situ atau tidak, kalau dalam kasus ini tanah itu menghidupi mereka atau tidak," ujar Agustina kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/1/2022).

Agustina menambahkan, jika uang yang didapat dari menjual apa yang menjadi sumber kehidupan, maka seharusnya uang yang didapat harus dikonversi menjadi sumber penghidupan yang baru.

"Misalnya, membeli rumah kemudian dikontrakan, atau membeli kios di pasar kemudian disewakan. Kalau itu daerah wisata, mereka bisa bangun properti, atau kalau di desa bisa membelikan hewan ternak," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda