3,4 Juta Pekerja Terima Bantuan Subsidi Upah

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 14 September 2021 - 09:50:00 WIB
3,4 Juta Pekerja Terima Bantuan Subsidi Upah
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebut ada 3,4 juta pekerja terima bantuan subsidi upah.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp8,8 triliun kepada 3,4 juta pekerja. 

"Terkait program jaring pengaman nasional bantuan subsidi upah, DIPA (Daftar Isian Pelaksaan Anggaran) BSU Rp8,8 triliun sudah dicairkan kepada 3,4 juta pekerja, masing-masing sebesar Rp1 juta," kata dia dalam konferensi pers secara virtual, Senin (13/9/2021) malam.  

Selain BSU, Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM) juga telah terealisasi sebesar Rp15,25 triliun untuk 12,71 juta pelaku usaha mikro atau mencapai 99,3 persen. Sedangkan bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik warung telah dilakukan dengan uji coba pertama di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada pekan lalu. 

"Bantuan ini pertama kali kita lakukan untuk 1 juta PKL dan pemilik warung di Medan sebesar Rp1,2 juta melalui Polri dan TNI," ucap Airlangga.

Bantuan tersebut diberikan bagi PKL yang bukan penerima BPUM dan berada di lokasi PPKM Level 3 dan Level 4. Itu berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 27 dan 28 Tahun 2021.

Kriteria pengalokasian per daerah dilakukan secara proporsional berdasarkan populasi penduduk dan data referensi PKL atau warung dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota. Adapun mekanisme dan sistem penyaluran, yakni melalui pendataan, penetapan calon penerima, dan penyerahan dana secara tunai di Polres atau Kodim.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: