7 Kebijakan Ekonomi yang Akan Diambil Joe Biden

Antara · Minggu, 08 November 2020 - 18:46:00 WIB
7 Kebijakan Ekonomi yang Akan Diambil Joe Biden
Joe Biden telah menunjuk mantan regulator pasar derivatif Gary Gensler, yang memiliki reputasi tangguh di Wall Street. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Politisi Partai Demokrat dan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden unggul dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2021. Dia mengalahkan petahana Partai Republik Donald Trump yang mengambil sikap ramah industri dalam regulasi.

Meski demikian, Biden tidak mungkin memprioritaskan tindakan keras industri keuangan, dia diperkirakan akan mengambil tindakan yang lebih ketat daripada Trump dan mantan bosnya, Presiden Barack Obama.

Biden telah menunjuk mantan regulator pasar derivatif Gary Gensler, yang memiliki reputasi tangguh di Wall Street, untuk mengerjakan rencana transisi bagi pengawasan industri keuangan.

Berikut beberapa area yang kemungkinan akan menjadi fokus pemerintahan Joe Biden di bidang ekonomi.

1. Undang-undang Reinvestasi Komunitas

Pandemi telah menyoroti ketidaksetaraan ras dan kekayaan di Amerika, mendorong Demokrat untuk menggunakan berbagai pengungkit kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut. Itu termasuk Undang-Undang Reinvestasi Komunitas 1977, undang-undang pinjaman yang adil yang memberikan poin peraturan bank untuk memberi pinjaman kepada komunitas berpenghasilan rendah.

Biden telah berjanji dalam materi kampanyenya untuk memperluas aturan ke sektor lain, termasuk perusahaan hipotek (KPR) dan asuransi.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: