Anak-Anak di AS dan Inggris Ingin Jadi Youtuber, Anak di China Jadi Astronaut

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 20 Juli 2019 - 22:02 WIB
Anak-Anak di AS dan Inggris Ingin Jadi Youtuber, Anak di China Jadi Astronaut

Hampir sepertiga anak-anak di dunia saat ini ingin menjadi Youtuber. (Foto: ilustrasi/ParentMap)

NEW YORK, iNews.id - Popularitas Youtube rupanya mengubah preferensi anak-anak dalam memandang dirinya di masa depan. Sebagian besar anak-anak kini ingin menjadi seorang Youtuber.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (20/7/2019), survei yang digelar Lego, perusahaan mainan, terhadap 3.000 anak-anak berusia 8-12 tahun di AS, Inggris, dan China menunjukkan hal tersebut. Survei juga ditujukan kepada 326 orang tua yang memiliki anak usia 5-12 tahun.

Hampir sepertiga anak-anak yang disurvei mengaku ingin menjadi Youtuber saat dewasa, sementara 11 persen lainnya ingin menjadi astronaut.

Youtuber merupakan profesi di industri kreatif yang menawarkan penghasilan menggiurkan. Pekerjaannya layaknya seorang bintang televisi atau pembawa acara dengan program yang berasal dari ide sendiri.

Namun, jawaban itu bervariasi tergantung asal si anak. Lebih dari separuh aak-anak di China mengaku bercita-cita menjadi astronaut. Youtuber menjadi profesi yang paling tidak diminati anak-anak di China. Hal tersebut kemungkinan karena pemerintah China memblokir berbagai media sosial asing, termasuk Youtube.

Sebanyak 96 persen anak-anak di China percaya bahwa manusia akan tinggal di luar bumi di masa depan. Angka ini sangat tinggi dibandingkan anak-anak di AS (68 persen) dan Inggris (63 persen).

Saat ditanya apakah mereka ingin pergi ke luar angkasa, 95 persen anak-anak di China mengatakan IYA, sementara jawaban sama diberikan 70 persen anak-anak di AS dan 63 persen anak-anak di Inggris.

Berikut profesi paling diminati anak-anak di AS dan Inggris:

1. Youtuber/Vlogger
2. Guru
3. Atlet profesional
4. Musisi
5. Astronaut

Sementara di China:

1. Astronaut
2. Guru
3. Musisi
4. Atlet profesional
5. Youtuber/Vlogger

Editor : Rahmat Fiansyah