Anak Raja Salman Ditunjuk Jadi Menteri Energi Saudi Arabia

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 08 September 2019 - 12:09 WIB
Anak Raja Salman Ditunjuk Jadi Menteri Energi Saudi Arabia

Pangeran Abdul Aziz bin Salman (kiri) menggantikan Khalid Al-Falih (kanan) sebagai Menteri Energi Saudi Arabia. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdul Aziz Al-Saud mencopot Khalid Al Falih sebagai Menteri Energi. Posisinya digantikan oleh sang anak, Pangeran Abdul Aziz bin Salman.

Dikutip dari Saudi Press Agency, Minggu (8/9/2019), keputusan ini dikeluarkan langsung dalam dekrit kerajaan. Selain menteri, posisi Abdul Aziz bin Abdullah sebagai Wakil Menteri Energi juga digantikan oleh Osama bin Abdul Aziz Al-Zamil.

CNBC mencatat, penunjukan tersebut merupakan yang pertama kali bagi anggota keluarga kerajaan Al Saudi memimpin pos kementerian energi. Sejak 1960, Saudi memiliki lima menteri perminyakan dan tidak ada satu pun dari mereka yang menjadi anggota keluarga kerajaan.

Selama ini, Pangeran Abdul Aziz dikenal sebagai sosok senior yang memimpin delegasi Saudi di OPEC. Sebagai veteran yang merumuskan kebijakan minyak di OPEC, kehadiran Pangeran Abdul Aziz diperkirakan tidak akan mengubah kebijakan minyak Saudi secara drastis.

Dia dikabarkan memainkan peran yang cukup penting dalam kebijakan pemotongan suplai minyak global untuk menciptakan keseimbangan pasar.

Penggantian posisi ini sudah tercium sebelumnya karena posisi Falih sebagai Chairman Saudi Aramco juga lepas. Posisinya sebagai bos BUMN migas raksasa dunia itu digantikan oleh Yasser Al Rumayyan yang juga memimpin lembaga Sovereign Wealth Fund PIF milik negara.


Editor : Rahmat Fiansyah