Bahlil Lahadalia: Ada Hantu Berdasi Ganggu Investasi Indonesia

Rina Anggraeni ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 17:20:00 WIB
Bahlil Lahadalia: Ada Hantu Berdasi Ganggu Investasi Indonesia
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mempermudah iklim investasi di Indonesia. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengakui, saat ini ada hantu-hantu berdasi yang mengganggu investasi di Indonesia.

Dia menyebut, saat awal menjabat sebagai kepala BKPM ada sekitar Rp708 triliun investasi mangkrak. Saat dicari tahu ternyata masalahnya bukan hanya promosi tapi banyaknya kondisi faktual hambatan di lapangan.

"Kita tahu bahwa terjadi ego sektoral yang sangat luar biasa. Di kementerian/lembaga ego sektoralnya perlu disampaikan begitu luar biasa sekali. Aturan kita yang tumpang tindih antara kabupaten kota, provinsi dan pusat. Ditambah lagi dengan persoalan biaya tanah di kawasan industri yang cukup tidak kompetitif dibandingkan dengan beberapa negara lain," kata Bahlil dalam video virtual, Kamis (21/1/2021).

Dia menuturkan, total nilai investasi yang mangkrak sudah ada sekitar Rp474,9 triliun yang diselesaikan. Salah satunya investasi Lotte Chemical sebesar Rp 61,2 triliun. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2