Bank Dunia Gelontorkan Utang Rp1.071 Triliun ke Negara yang Terdampak Covid-19

Rina Anggraeni ยท Rabu, 12 Agustus 2020 - 11:25:00 WIB
Bank Dunia Gelontorkan Utang Rp1.071 Triliun ke Negara yang Terdampak Covid-19
Presiden Bank Dunia, David Malpass. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Bank Dunia telah menggelontorkan utang 73,4 miliar dolar AS atau Rp1.071 triliun kepada negara-negara anggotanya. Utang itu digunakan untuk penanganan dampak Covid-19.

Presiden Grup Bank Dunia David Malpass mengatakan, angka tersebut naik 23 persen dibandingkan tahun 2019. Selain itu, jumlah itu menjadi yang tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir.

Pinjaman tersebut diberikan oleh Grup Bank Dunia yang meliputi International Bank for Reconstruction and Development (IBRD), International Development Association (IDA), International Finance Corporation (IFC), dan Guarantee Agency (MIGA).

"Grup Bank Dunia memiliki alat dan kekuatan finansial untuk membantu mendukung negara-negara dalam upaya mereka memperkuat sistem perawatan kesehatan, melindungi rumah tangga termiskin, memelihara fondasi ekonomi, memerangi ketidaksetaraan, dan membangun pemulihan yang tangguh dan berkelanjutan,” katanya, Rabu (13/8/2020).

Selain pinjaman, kata Malpass, Bank Dunia juga memberikan asistensi untuk program-program pemulihan ekonomi. Bantuan tersebut terutama diberikan kepada negara-negara yang rentan.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan dukungan kami kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan untuk mengalihkan sumber daya ke negara-negara yang menderita kerentanan, konflik dan kekerasan," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah