Bank Indonesia: Inflasi Minggu Pertama Juni 0,04 Persen

Aditya Pratama ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 16:11 WIB
Bank Indonesia: Inflasi Minggu Pertama Juni 0,04 Persen

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) melaporkan inflasi pekan pertama Juni 2020 sebesar 0,04 persen. Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga yang dilakukan BI.

"Berdasarkan survei pemantauan harga minggu pertama di bulan Juni ini, kalau kita lihat itu inflasinya month to month 0,04 persen. berarti itu year on year 1,81 persen. Artinya, itu juga lebih rendah dari bulan lalu," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam video conference, Jumat (5/6/2020).

Perry menjelaskan, inflasi yang rendah itu karena berbagai faktor. Salah satunya permintaan yang rendah saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Permintaan yang rendah memengaruhi aktivitas ekonomi dan pendapatan masyarakat turut mengalami penurunan.

"Kenapa permintaan lebih rendah dan itu kenapa faktor permintaan yang rendah itu menyebabkan faktor terkait rendahnya inflasi," kata dia.

Faktor lainnya, dia menyebut karena ketersediaan pasokan dan distribusi barang yang masih lancar. Ditambah koordinasi yang erat antara Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi (TPI) dan level daerah (TPID)

"Tentu saja kredibilitas kebijakan yang bisa diukur dari ekspektasi inflasi," ucap Perry.

Editor : Ranto Rajagukguk