Bappenas Klaim Pembangunan Ibu Kota Baru Bisa Sumbang 2,2 Persen ke Ekonomi

Giri Hartomo ยท Rabu, 17 Maret 2021 - 18:50:00 WIB
Bappenas Klaim Pembangunan Ibu Kota Baru Bisa Sumbang 2,2 Persen ke Ekonomi
Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur dipastikan akan tetap berjalan. Bahkan, direncanakan pembangunan Ibu Kota baru ini akan dimulai pada tahun ini jika herd immunity tercapai. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan Ibu Kota baru ini akan mendongkrak perekonomian di wilayah timur Indonesia. Pembangunan Ibu Kota baru ini diperkirakan bisa menyumbang hingga 2,2 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). 

"(Kontribusinya untuk mendorong ekonomi nasional) antara 1,8 persen sampai 2,2 persen," ujarnya dalam acara rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (17/3/2021)

Apalagi, Istana Negara direncanakan dibangun pada tahun ini. Jika benar-benar terwujud, maka bisa mengerek sektor lainnya untuk tumbuh sekaligus merangsang pengusaha ikut serta dalam pembangunan Ibu Kota negara (IKN) baru ini. 

"Kita optimis mudah-mudahan Istana Presiden bisa di Groundbreaking pada tahun ini. Kalau itu bisa terjadi, kalau ya, ada kata kalau, itu akan terjadi pull factor di dalam ekonomi kita. dan dengan demikian orang ada trust kemudian sektor-sektor lain akan ikut dengan sendirinya," katanya. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda