Beli Kreatif Danau Toba, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Berharap Bisa Tingkatkan Omzet UMKM
JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang bertajuk Beli Kreatif Danau Toba. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat semakin mencintai dan menggunakan produk ekonomi kreatif karya anak bangsa, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada disekitar Danau Toba.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Danau Toba merupakan daerah pariwisata yang kunjungan wisatawannya selalu meningkat. Hal ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat lokal.
"Kunjungan wisatawan ke Danau Toba meningkat selama tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Potensi pariwisata inilah yang harus kita tangkap sebagai peluang untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif lokal," kata Angela dalam sambutannya yang dibacakan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf M Neil El Himam, Sabtu (20/2/2021)
Angela menjelaskan, pariwisata sebagai pull factor dan demand creator yang dapat mendatangkan wisatawan. Untuk pelaku UMKM harus bisa menyuguhkan karya-karya lokal yang luar biasa seperti kuliner, fashion hingga kriya.