Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Saran Menhub ke Industri Penerbangan

Giri Hartomo ยท Kamis, 15 April 2021 - 15:46:00 WIB
Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Saran Menhub ke Industri Penerbangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta seluruh unsur transportasi untuk bisa beradaptasi di tengah situasi new normal ini. Tak terkecuali juga industri penerbangan.

Sebagai salah satu contohnya adalah dengan meningkatkan kolaborasi dan elaborasi antarstakeholder lewat digitalisasi. Ada beberapa hal yang bisa dikembangkan misalnya adalah pengembangan bisnis non aeronautika.

“Saya selalu menekankan dengan meningkatkan kolaborasi dan elaborasi para stakeholder dan para pemangku kebijakan melalui digitalisasi dan pengembangan bisnis non aeronautika,” ujarnya dalam acara Webinar INACA, Kamis (15/4/2021).

Meningkatkan kolaborasi dan elaborasi tidak hanya dilakukan oleh maskapai industri penerbangan. Akan tetapi juga harus dengan organisasi global seperti ICAO, atau dengan IATA. 

“Dengan fokus pada kerja sama pengembangan protokol kesehatan dengan mengedepankan jaga jarak, pemeriksaan kesehatan, layanan tanpa sentuh, penyemprotan disinfektan, dan seluruh fasilitas udara terhadap seluruh pengguna jasa transportasi,” katanya.

Menhub juga berharap agar kerja sama antar operator penerbangan dapat dioptimalkan. Salah satu contohnya dengan memaksimalkan slot time penerbangan.

“Saya berharap kerja sama operator penerbangan dapat dioptimalkan. Salah satunya memaksimalkan slot time penerbangan serta mengaktifkan rute-rute domestik yang tidak sempat beroperasi sementara sehingga industri penerbangan semakin membaik,” ucapnya.

Menurut Menhub, dengan strategi itu dipercaya akan memberikan manfaat bagi para pelaku industri penerbangan. Bahkan, sektor transportasi udara akan bisa menghasilkan pundi-pundi uang di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19.

“Dan melalui strategi itu, seluruh industri penerbangan otomatis bisa menghadapi tantangan Covid-19 dan melakukan sejumlah rencana strategis guna pemulihan bisnis dan lalu lintas penerbangan,” tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Bagikan Artikel: