Bikin Petani Sawit Sejahtera, Kebijakan Menko Airlangga Sukses Stabilkan Harga 

Suparjo Ramalan · Jumat, 26 Februari 2021 - 19:12:00 WIB
Bikin Petani Sawit Sejahtera, Kebijakan Menko Airlangga Sukses Stabilkan Harga 
Pemerintah Indonesia berhasil menjaga kestabilan supply dan demand kelapa sawit secara global. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Malaysia terkait kebijakan dan pengembangan Kelapa Sawit kedua negara. Hal ini ditegaskan dalam Pertemuan Tingkat Menteri Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) 2021 yang diselenggarakan secara daring pada Jumat, 26 Februari 2021.   

Pertemuan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua CPOPC, bersama dengan Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia, Datuk Dr. Mohd Khairuddin Aman Razali. 

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pertanian dan Pengembangan Desa Kolombia, Rodolfo Enrique Zea Navarro, Menteri Pangan dan Pertanian Ghana Dr Owusu Afriyie Akoto, Menteri Pertanian Honduras Mauricio Guevara Pinto dan Menteri Pertanian Papua New Guinea John Simon. 

Menko Airlangga menerangkan, pemanfaatan lahan untuk sawit lebih efektif jika dibandingkan dengan tanaman minyak nabati lainnya.   

“Secara keseluruhan, minyak sawit memasok 31 persen kebutuhan minyak nabati dunia dengan total penggunaan lahan yang hanya 5 persen.”   

Data tahun 2019 dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) menunjukkan bahwa setiap produksi 1 ton minyak nabati, untuk bunga matahari diperlukan lahan seluas 1,43 hektare.  Sementara untuk memproduksi volume yang sama dari tanaman kedelai dibutuhkan lahan 2 hektare,  sedangkan untuk kelapa sawit hanya dibutuhkan lahan seluas 0,26 hektare.   

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2