Buka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN, Jokowi Ingatkan soal Sinergi

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 11 September 2019 - 11:18 WIB
Buka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN, Jokowi Ingatkan soal Sinergi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka konferensi organisasi insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37) di JIEXPO Convention Centre and Theatre, Jakarta, Rabu (11/9/2019). (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka konferensi organisasi insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37) hari ini. Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 insinyur se-ASEAN.

Jokowi mengatakan, konferensi ini diharapkan dapat mempererat kerja sama para insinyur se-ASEAN. Pasalnya, kerja sama ini untuk bersama-sama menghadapi kondisi global yang tidak stabil dan penuh ketidakpastian.

"Kita semuanya adalah sahabat, keluarga yaitu keluarga ASEAN. Persaudaraan dan kerja sama antara kita dan keluarga besar Asean selama ini berjalan baik namun ada kebutuhan mendesak agar kerja sama kita semakin kuat," ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Sebab, insinyur memiliki peran penting bagi pembangunan suatu negara. Semakin baik pembangunan maka hal ini bisa menjadi pondasi bagi negara untuk memperkuat perekonomiannya.

Kendati demikian, dia berharap kerja sama ini tidak hanya terjadi di kalangan insinyur tapi juga engineering dari berbagai bidang. Dengan demikian, akan semakin banyak dan berkembang inovasi baru di bidang infrastruktur.

"Saya berharap kita (negara ASEAN) memegang peran sentral untuk mengenalkan inovasi ke depan," kaya dia.

Dalam konferensi ini, mantan Wali Kota Solo ini mendapatkan penghargaan The AFEO Distinguished Honorary Patron Award dari para insinyur. Pasalnya, seperti diketahui, Jokowi juga merupakan insinyur.

"Saya juga terima kasih dengan penghargaan yang diberikan kepada saya tapi penghargaan ini adalah milik insinyur Indonesia yang bekerja di berbagai daerah lain," ucapnya.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan menteri-menteri negara ASEAN lainnya juga akan hadir dan menjadi pembicara dalam konferensi ini. Terlihat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri konferensi ini.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmi membuka konferensi insinyur Asean ke 37," tutur dia.


Editor : Ranto Rajagukguk