Buwas Ajukan Anggaran Beras Rp19 Triliun

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 13:20 WIB
Buwas Ajukan Anggaran Beras Rp19 Triliun

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Perum Bulog (Persero) mengajukan anggaran beras sebesar Rp19,05 triliun dalam Rancangan ABPN 2021. Anggaran tersebut untuk pembelian beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan subsidi beras.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso mengatakan, Bulog mengajukan dana pengadaan beras CBP sebesar Rp15 triliun. Dana tersebut untuk membeli 1,5 juta ton beras.

Selain itu, kata Buwas, sapaan Budi Waseso, mengatakan, anggaran tersebut juga akan dipakai untuk mensubsidi beras CBP. Dengan asumsi 1,5 juta ton beras dan harga Rp8.100 per kilogram, maka dibutuhkan anggaran subsidi Rp4,05 triliun.

"Total kebutuhan anggaran subsidi beras tahun 2001 adalah sebesar Rp 4,05 triliun rupiah," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR, Jakarta, Kamis (24/6/2020).

Di depan anggota legislatif, Buwas juga mengungkapkan masalah yang berpotensi muncul dalam pelaksanaan program tahun depan. Di antaranya penugasan yang bersifat ad hoc tanpa jaminan, penugasan belum terintegrasi antar kementerian/lembaga, dan belum adanya aturan turun Perpres 48/2016.

"Perpres tersebut yang seharusnya didukung dengan peraturan Menteri Keuangan, karena itu kami berharap mendapat dukungan dari Bapak Ibu sekalian dari ketua anggota komisi IV DPR agar pelaksanaan kebijakan pangan dapat terealisasi dengan baik," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah