Cegah Peningkatan Kasus Omicron, Menko Luhut Dorong Percepatan Vaksinasi Booster di Jabodetabek

azhfar muhammad · Jumat, 21 Januari 2022 - 08:59:00 WIB
Cegah Peningkatan Kasus Omicron, Menko Luhut Dorong Percepatan Vaksinasi Booster di Jabodetabek
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: MPI/Azhfar Muhammad)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 dosis ke-3 atau booster di wilayah Jabodetabek

Hal itu, dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang mayoritas terjadi di wilayah Jabodetabek akhir-akhir ini.

“Untuk itu vaksinasi booster harus segera dikejar di daerah Jabodetabek. Mengingat Jabodetabek adalah pusat mobilitas, penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat,” ujar Menko Luhut, dalam keterangan resmi, Jumat (21/1/2022).

Menko Luhut menyampaikan, peningkatan Kasus Omicron yang sebagian besar terjadi di Jakarta menjadi perhatian pemerintah, karena capaian vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 di ibu kota sudah tinggi. 

Dengan demikian, Menko Luhut meminta Pemerintah Pusat dan Daerah di wikayah Jabodetabek untuk segera mengakselerasi  program vaksinasi booster.

"ًJadi perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus Omicron harus digencarkan di wilayah Jabodetabek, juga di Bandung,” kata Menko Luhut.

Dia juga mengimbau  pemerintah daerah lainnya untuk mewaspadai penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. Secara tegas Menko Luhut mengingatkan kepada seluruh kepala daerah, baik Bupati, Walikota, Pangdam, Kapolda, dan seluruh jajaran dibawahnya untuk jujur terhadap data kasus covid dan meminta agar tidak  ada yang ditutupi agar segera dapat ditentukan langkah yang benar dan terukur.

Menteri Kesehatan(Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan kasus Omicron terbanyak ada di DKI Jakarta dan berpotensi menyebar ke daerah di sekitarnya. 

Untuk itu, seluruh pihak terkait, termasuk pelaku perjalanan ke luar negeri  diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan, juga meningkatkan testing dan tracing. 

“Saat ini kita harus kembali meningkatkan testing dan tracing untuk mengetahui penyebaran yang terjadi di sekitar kita, dan terus meningkatkan vaksinasi,” ujar Menkes Budi. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: