Cerita Erick Thohir Pernah Jadi Pekerja Migran di Luar Negeri

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 17:22 WIB
Cerita Erick Thohir Pernah Jadi Pekerja Migran di Luar Negeri

Menteri BUMN Erick Thohir menceritakan pernah menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menceritakan pernah menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri. Dia pun merasakan menjadi PMI kadang dipandang sebelah mata.

"Saya men-support PMI karena saya sendiri pernah jadi PMI, kadang-kadang orang melihat PMI itu sebelah mata. Padahal posisi mereka juga tinggi," ujar Erick saat menandatangani nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Erick menjelaskan PMI memiliki peran besar dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional melalui devisa yang mereka hasilkan di negara asing. Karena itu, dukungan negara melalui BUMN terhadap PMI adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar.

"Kita BUMN benar-benar harus jalan seiring untuk memastikan pahlawan devisa ini bisa menjadi bagian terpenting dalam pembangunan ekonomi ke depan," katanya.

Dia mengatakan, kolaborasi antara Kementerian BUMN dan BP2MI adalah bukti keberpihakan pemerintah untuk meningkatkan hidup para pekerja migran. Dia selain menjadi diaspora Indonesia di luar negeri, PMI juga berkontribusi dalam menambah devisa negara.

"Pemerintah harus hadir untuk melindungi dan memberikan bantuan agar para pekerja migran dapat hidup dan bekerja dengan tenang di negara lain,” ujar Erick.

Editor : Dani Dahwilani