Dapat Rumah Gratis, Nelayan di Pangandaran: Alhamdulillah Ada Dua Kamar

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 25 September 2021 - 12:13:00 WIB
Dapat Rumah Gratis, Nelayan di Pangandaran: Alhamdulillah Ada Dua Kamar
Wahidin (48), nelayan di Pantai Pangandaran yang mendapat bantuan rumah khusus (rusus) nelayan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (Foto: Istimewa)

PANGANDARAN, iNews.id - Wahidin (48) adalah salah satu nelayan di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, yang menjadi penerima bantuan Rumah Khusus (Rusus) nelayan, yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional ke-57, Wahidin mengungkapkan rasa syukur karena pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperhatikan nasib para nelayan. 

Melalui video singkat yang ditayangkan Kementerian PUPR, Jumat (24/9/2021), Wahidin mengatakan rumah khusus nelayan yang diterimanya sangat layak dibandingkan rumah adat yang ditempati sebelumnya. 

"Dulu sebelum tinggal di rumah khusus, saya tinggal di rumah adat. Dulu cuma satu kamar, sedangkan keluarga saya banyak. Sekarang, alhamdulillah ada bantuan rumah dari Presiden Jokowi dan Kementerian PUPR," kata Wahidin. 

Dia pun menjelaskan tentang kondisi rusus nelayan yang kualitasnya baik dan lingkungannya pun tertata, sehingga menjadi perkampungan nelayan yang rapih. 

"Rumahnya kokoh, layak pakai, rapih. Sekarang sudah pakai cor, jadi tembokan, gentengnya bagus. Ada dua kamar. Ada lokasi jalannya juga, jadi bisa muter- muter ke sana sini (sekeliling kampung, Red)," ujar Wahidin. 

Rumah Khusus Nelayan di Pantai Pangandaran yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Foto: Istimewa)
Rumah Khusus Nelayan di Pantai Pangandaran yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (Foto: Istimewa)

Dengan wajah yang terharu, Wahidin menyampaikan rasa terima kasih karena akhirnya bisa memiliki rumah bantuan pemerintah secara cuma-cuma. Pasalnya, selama 40 tahun menjadi nelayan, penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. 

"Saya menerima rumah tersebut dengan cuma-cuma, tidak dipungut biaya sepeserpun," ungkap Wahidin.

Menutup video singkat tersebut, Wahidin menyampaikan harapannya kepada para nelayan Indonesia, agar tetap menjalankan profesi mereka dan meyakini keberpihakan pemerintah pada rakyat kecil.

"Saya Wahidin, 48 tahun, harapan saya seluruh nelayan Indonesia jangan berkecil hati, terus melaut karena hasil laut Indonesia sangat melimpah," tutur Wahidin 

Kementerian PUPR menyatakan, pembangunan rusus nelayan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup nelayan. Selain rusus nelayan, Kementrian PUPR juga membangun infrastruktur pengaman pantai, dan  tanggul laut. 

"Selamat Hari Maritim Nasional ke-57! Maritim Kuat, Indonesia Hebat," tulis Kementerian PUPR di akun Instagram. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: