Diresmikan Jokowi, Tol Pandaan-Malang Gratis untuk Sementara

Rully Ramli ยท Senin, 13 Mei 2019 - 10:11 WIB
Diresmikan Jokowi, Tol Pandaan-Malang Gratis untuk Sementara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan ruas tol Pandaan-Malang. Ruas tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Jawa ini akan digratiskan selama masa sosialisasi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 sepanjang 30,6 km sudah selesai dan siap dioperasikan. Sementara untuk Seksi 4-5 sepanjang 7,9 km masih dalam tahap konstruksi dan ditargetkan rampung November 2019.

"Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan-Malang bisa selesai lebih cepat," kata Menteri Basuki, dikutip Senin (13/5/2019).

Dia memastikan pengguna jalan tidak akan dikenakan tarif selama masa sosialisasi. Biasanya, masa sosialisasi berlangsung sekitar satu bulan.

"Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019,” ujar Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menambahkan, jalan tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 siap dioperasikan secara penuh. Adapun Seksi 4 sebenarnya sudah hampir selesai, sehingga bisa dibuka fungsional.

“Progresnya sudah 87 peren namun bisa kita fungsikan untuk membantu kelancaran mudik. Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis, sebagian keluar di Singosari,” ujar dia.

Jalan tol Pandaan-Malang dikerjakan oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM). Konsorsium ini terdiri dari Jasa Marga 60 persen, PP 35 persen, dan SMI 5 persen. Total investasi jalan tol ini mencapai Rp5,9 triliun.


Editor : Rahmat Fiansyah