Erick Thohir Optimistis Target Dividen BUMN Tahun Ini Tercapai

Suparjo Ramalan · Rabu, 20 Januari 2021 - 18:25:00 WIB
Erick Thohir Optimistis Target Dividen BUMN Tahun Ini Tercapai
Menteri BUMN Erick Thohir optimistis target dividen emiten pelat merah pada 2021 yang diminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat tercapai. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) optimistis target dividen emiten pelat merah pada 2021 yang diminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat tercapai. Ini seiring dengan langkah transformasi dan restrukturisasi kinerja perseroan.  

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, meski 90 persen BUMN terdampak pandemi Covid-19, namun target kontribusi dividen emiten sebesar 50 persen pada 2021 bisa direalisasikan. Setoran dividen BUMN tahun ini ditargetkan Rp26,1 triliun. Angka tersebut turun 40 persen dibandingkan target 2020 sebesar Rp65 triliun.  

Erick mengakui, target dalam RAPBN 2021 cukup menantang. Dia akan berusaha agar target bisa tercapai. 

"Alhamdulillah walaupun saya sudah sampaikan di awal 2020 itu kita cukup optimistis, tapi karena Covid-19 insya Allah dividen yang akan diberikan BUMN saat ini bisa tercapai sesuai target yang diinginkan Menteri Keuangan. Di mana, sebenarnya 90 persen BUMN terdampak, tetapi dividennya insya Allah masih bisa 50 persen daripada tahun sebelumnya," ujar Erick Rabu (20/1/2021).  

Mantan Bos Inter Milan itu menuturkan, upaya pencapaian dividen BUMN pada 2021 dilakukan berdasarkan pembenahan di internal perseroan. Langkah pembaruan berupa penempatan manajemen baru untuk menangani dampak pandemi Covid-19 bagi perusahaan. 

"Tentu tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana kita menempatkan manajemen terbaik yang ada di Indonesia dalam penanganan Covid-19, tentu penangana ekonomi khususnya penanganan korporasi yang ada di BUMN. Jadi penempatan menjadi sangat penting," katanya.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2