Fokus Cari Solusi Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Industri Padat Karya, Menko Airlangga Temui Insan Film

Aditya Pratama ยท Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:45:00 WIB
Fokus Cari Solusi Bagi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Industri Padat Karya, Menko Airlangga Temui Insan Film
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian).

JAKARTA, iNews.id - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto secara militan terus menyiapkan solusi bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional untuk berbagai sektor industri, terutama yang padat karya.

Contohnya, kemarin, Jumat (19/3/2021), sejumlah insan perfilman nasional, yang terdiri dari produser, sutradara, pekerja film, dan pengusaha bioskop menemui Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, untuk membicarakan stimulus yang dinilai dapat menggerakkan kembali industri film. 

Dalam kesempatan tersebut nampak hadir, Mira Lesmana, Joko Anwar, Angga Dwimas Sasongko, Dian Sastrowardoyo dan anggota DPR Komisi I yang juga bintang besar layar lebar Nurul Arifin serta sejumlah insan film yang lain.  

Airlangga menyatakan memahami keluhan insan film yang sangat terdampak pandemi Covid 19, "Saya sendiri sudah ke bioskop, tapi hanya saya sendiri yang nonton tidak ada yang lain, padahal itu weekend."

Menurut Airlangga, masyarakat sudah cukup banyak yang datang ke mal dan makan di restoran walaupun tidak penuh, tapi masih takut masuk bioskop.  Karena itu perlu ada kampanye  juga agar masyarakat punya keberanian ke bioskop, dan merasa aman. Lakukan berbagai prosedur dan sertifikasi kesehatan, kemudian tunjukkan pada masyarakat. 

Anggota DPR Komisi I Nurul Arifin menilai stimulus yang diajukan oleh insan perfilman cukup masuk akal. Namun, yang terpenting adalah efek domino jika usulan ini diterima.  

"Karena saya lihat bagi Bapak Airlangga selaku Menko, yang terpenting adalah bagaimana bantuan ini kelak jika terealisasi, dapat sampai kepada para pekerja industri perfilman di tingkat bawah, karena di situ ada berbagai macam profesi yang terkena langsung dampak pandemi," tutur Nurul.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2