Gairahkan Investasi, Pemerintah Akan Buka 1.700 Bidang Usaha 

Rina Anggraeni · Selasa, 26 Januari 2021 - 18:55:00 WIB
Gairahkan Investasi, Pemerintah Akan Buka 1.700 Bidang Usaha 
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan pemerintah akan membuka 1.700 bidang usaha untuk investasi. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah bakal menetapkan daftar positif dan prioritas investasi (DPI) dalam Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) Bidang Usaha Penanaman Modal di Undang-undang (UU) Cipta Kerja. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan beleid itu akan membuka 1.700 bidang usaha untuk investasi.  

Adapun pelaksanaannya tetap akan memperhatikan, melindungi, termasuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

"Bidang usaha yang dibuka adalah 1.700 positive list (daftar terbuka investasi) itu dibagi menjadi bidang yang mendapatkan tax holiday atau tax allowance, yaitu 206 bidang. Kemudian bidang usaha yang dialokasikan bermitra dengan UMKM 90, dan 46 bidang dengan persyaratan tertentu," ujar Airlangga dalam video virtual, Selasa (26/1/2021). 

Dia menyebutkan, untuk mengelola dana investasi dari luar negeri dan dalam negeri, pemerintah mendirikan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) yang diberi nama Indonesia Investment Authority (INA). Pemerintah juga sudah memasukan nama-nama yang akan menjadi dewan pengawas. 

Perluasan akses pasar bagi dunia usaha juga ditempuh pemerintah melalui perjanjian kerja sama internasional. Salah satunya Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang telah ditandatangani. 

“RCEP merupakan blok perekonomian terbesar di dunia dengan market 186 billion dolar AS. Dari RCEP ini diharapkan hampir seluruhnya menjadi mitra dagang Indonesia yang tentu sangat strategis,” kata Airlangga.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2