Hari Ini GeNose C19 Diterapkan di 4 Bandara,  Ini Komentar Menhub

Giri Hartomo · Kamis, 01 April 2021 - 15:30:00 WIB
Hari Ini GeNose C19 Diterapkan di 4 Bandara,  Ini Komentar Menhub
Pemeriksaan GeNose-19. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 mulai diterapkan untuk transportasi udara terhitung mulai hari ini. Namun, sebagai awal, hanya empat bandara yang akan menyediakan layanan GeNose ini. 

Empat Bandara tersebut, yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Bandara Husein Sastranegara Bandung yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero). Kemudian ada Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Juanda Surabaya yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero).

Penerapan GeNose C19 ini sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran Satuan Tugas Nomor 12 Tahun 2021 tentang Tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang diturunkan dalam SE Kemenhub No 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah hari ini pertama kali GeNose diberlakukan di bandara dan dimulai serentak di empat bandara,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keteranganya, Kamis (1/4/2021).

Budi Karya menambahkan, penerapan GeNose C19 ini harus dilakukan dengan teliti. Karena menurutnya, hal ini sangat penting untuk memastikan setiap orang yang bepergian bisa terdeteksi.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: