Harley-Davidson Selundupan Ternyata Milik Dirut Garuda Indonesia

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 16:15 WIB
Harley-Davidson Selundupan Ternyata Milik Dirut Garuda Indonesia

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pelaku penyelundupan moge Harley-Davidson akhirnya terungkap. Barang ilegal itu titipan Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, AA alias Ari Askhara menginstruksikan salah satu karyawan Garuda yang ikut penerbangan nonkomersil itu untuk membelikannya Harley.

"AA memberikan instruksi untuk membeli motor Harley-Davidson di tahun 2018, ini motor tahun 1970-an," kata Erick saat jumpa pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (25/5/2019).

Erick mengungkapkan, Ari melakukan pembelian moge tersebut pada April 2019. Uang untuk membeli itu ditransfer ke manajer keuangan Garuda yang ada di Amsterdam, Belanda.

Informasi tersebut, kata Erick, berdasarkan laporan yang diperoleh dari Komite Audit Garuda Indonesia. Dia menolak pengungkapan ini menyudutkan satu individu tertentu.

"Ini faktor integritas yang harus kita tingkatkan, dari laporan yang saya dapat dari Komite Audit disebutkan bahwa motor Harley-Davidson milik saudara AA," tuturnya.

Ari Askhara masuk dalam daftar manifes penumpang Garuda dari Toulouse ke Cengkareng. Namun, barang selundupan tersebut memiliki claimtag SAS yang juga ikut dalam penerbangan tersebut.


Editor : Rahmat Fiansyah