Hindari Resesi, Pemerintah Diminta Fokus Selamatkan UMKM

Fadel Prayoga ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 03:09 WIB
Hindari Resesi, Pemerintah Diminta Fokus Selamatkan UMKM

Pemerintah diminta fokus menyelamatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar terhindar dari jurang resesi pada kuartal III 2020. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah diminta fokus menyelamatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar terhindar dari jurang resesi pada kuartal III 2020. Pasalnya, kelompok usaha itu dinilai bisa membangkitkan perekonomian dari krisis akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah harus menyelamatkan pelaku UMKM agar melek teknologi. Sebab, cara itu dinilai paling ampuh dalam mempertahankan mereka di tengah situasi yang tidak pasti seperti sekarang ini.

“Ini hal yang bisa disiapkan, mungkin UMKM yang tadinya masih beroperasi konvensional bisa didorong ke dalam ekosistem digital,” kata Bhima saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Menurut dia, imbauan itu sangat relevan karena pada kuartal II, sektor informasi dan komunikasi menunjukkan tren yang positif, yaitu tumbuh 10,8 persen.  

“Karena sektor informasi dan komunikasi di kuartal-II itu tumbuhnya 10,8 persen yang lainnya pada minus itu justru positif. Ini salah satu indikasi bahwa terjadi perubahan aktivitas masyarakat di rumah dan mengonsumsi barang secara online,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui program bantuan produktif bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Program ini sifatnya bantuan dan bukan pinjaman.

“Ini akan diberikan ke 12 juta pelaku usaha mikro sebesar Rp2,4 juta. Tahap awal kita sudah dialokasikan untuk 9,1 juta penerima dengan total anggaran Rp22 triliun,” katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk