I Love You Opung, Menteri Ekonomi Kumpul Ucapkan Salam Perpisahan kepada Menko Darmin

Rully Ramli ยท Jumat, 18 Oktober 2019 - 21:10 WIB
I Love You Opung, Menteri Ekonomi Kumpul Ucapkan Salam Perpisahan kepada Menko Darmin

Menteri bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Para menteri yang tergabung dalam tim ekonomi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) berkumpul di kantor Darmin Nasution. Mereka mengucapkan salam perpisahan kepada pria yang menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu.

Dalam pertemuan ini, para menteri diberi kesempatan memberikan testimoninya selama menjadi menteri bawahan Darmin. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, menganggap Darmin sebagai seorang ayah. Selama bekerja di bawah koordinasi Darmin, Menperin mengaku memperoleh banyak bimbingan. 

"Saya takut kualat, jadi kalau ada kebijakan yang sensitif, saya cari ke ruangannya dulu," katanya di Kantor Kemenko Bidang Ekonomi, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sementara Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebut Darmin sebagai sosok yang sangat cerdas. Kecerdasannya ini kemudian dilengkapi dengan sifatnya yang sabar dalam mengelola kementerian dan lembaga.

"Buat saya orangnya baik, pintar, pasti sabar. Saya yang enggak sabar kadang," katanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut meski instansinya secara administratif di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Ham, namun lebih banyak pekerjaannya berhubungan dengan Darmin. 

"Terima kasih Pak Darmin banyak kerja sama, saya juga banyak belajar terutama tentang anggrek," ujar dia.

Berbeda dengan menteri-menteri lainnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tidak berpanjang lebar menyampaikan kesan pesannya kepada pria yang akrab dipanggil opung itu.

"Menurut saya opung ini adalah sip," katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi menteri yang terakhir menyampaikan kesannya terhadap sosok Darmin. Menurutnya, Darmin memiliki pengalaman yang sangat banyak di bidang pemerintahan. Itu membuatnya menjadi sosok yang cerdas dan bijak pada saat yang bersamaan.

"Matur nuwun, terima kasih Pak Darmin, you are the wisest person in the world. Kita kehilangan tentunya, kalau dari sisi pertemanan enggak akan hilang, karena silaturahmi akan terus jalan," tuturnya.

Usai Sri Mulyani menyampaikan kesan pesannya, Menteri Basuki tiba-tiba mengambil mikrofon untuk memberikan kesimpulan atas testimoni para menteri. 

"Konklusinya cuma satu, I love you opung," ucapnya. 


Editor : Rahmat Fiansyah