India Berambisi Jadi Negara Pertama Produksi Vaksin Covid-19

Djairan ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 18:15 WIB
India Berambisi Jadi Negara Pertama Produksi Vaksin Covid-19

India tengah mengebut produksi vaksin Covid-19 dan siap dirilis pada 15 Agustus. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - India tengah mengebut produksi vaksin Covid-19 dan siap dirilis pada 15 Agustus. Hal tersebut untuk mengejar ambisi menjadi negara pertama yang berhasil menciptakan vaksin.

Dewan Penelitian Medis India (ICMR) telah bermitra dengan Bharat Biotech International Limited (BBIL) untuk uji klinis vaksin virus corona. BBIL menggunakan strain virus yang diisolasi di Institut Nasional Virologi (NIV) ICMR di wilayah Pune untuk mengembangkan vaksin.

Uji klinis akan diadakan di 12 lembaga di seluruh negeri di India. ICMR telah meminta lembaga-lembaga tersebut untuk mempercepat uji klinis vaksin, karena dianggap sebagai salah satu megaproyek prioritas yang sedang dipantau oleh pemerintah.

“Kami sudah perkirkan akan meluncurkan vaksin untuk penggunaan kesehatan masyarakat, paling lambat 15 Agustus, setelah menyelesaikan semua uji klinis ini. BBIL bekerja dengan cepat untuk memenuhi target, namun, hasil akhir akan tergantung pada kerja sama semua lembaga yang terlibat dalam proyek ini," kata pihak ICMR, dikutip dari Hindustan Times, Jumat (3/7/2020).

Pihak ICMR juga meminta lembaga untuk memastikan pendaftaran subjek vaksin dimulai pada minggu pertama bulan Juli ini. Selain rumah sakit IMS dan SUM di India, institut lain yang dipilih untuk uji klinis berlokasi di Visakhapatnam, Rohtak, New Delhi, Patna, Belgaum (Karnataka), Nagpur, Gorakhpur, Kattankulathur (Tamil Nadu), Hyderabad, Arya Nagar, Kanpur (Uttar Pradesh) dan Goa.

Sementara itu, Pengendali Obat Umum India (DCGI) pada Kamis lalu memberikan izin kepada raksasa farmasi Zydus Cadila, untuk menguji coba kepada manusia di fase I dan fase II untuk vaksin Covid-19. Zydus akan memulai uji coba tersebut Juli ini, kepada lebih dari 1.000 subjek di berbagai wilayah di India.

Sebelumnya pada Juni lalu, perusahaan farmasi multinasional asal Inggris, AstraZeneca PLC ditargetkan memproduksi 2 miliar dosis vaksin virus Covid-19. Pihaknya akan mulai mendistribusikan vaksin ke AS dan Inggris pada September atau Oktober 2020, lalu kesiapan pengiriman secara stabil akan dimulai pada awal 2021. Artinya, India dan Inggris tengah berlomba untuk merilis vaksin virus pertama kalinya.

Editor : Ranto Rajagukguk