Pascabentrokan Tewaskan 20 Tentara, PM India Inspeksi Kamp Militer di Perbatasan dengan China

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 14:30 WIB
Pascabentrokan Tewaskan 20 Tentara, PM India Inspeksi Kamp Militer di Perbatasan dengan China

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengunjungi kamp militer India di Nimoo, Ladakh (foto: The Times of India)

LADAKH, iNews.id - Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, melakukan inspeksi mendadak ke perbatasan India dengan China. Dalam kesempatan tersebut, Modi juga menjenguk para tentara yang terluka dalam bentrokan dengan militer China.

Dilansir dari AFP, Jumat (3/7/2020) siang WIB, Modi mengunjungi pangkalan militer India di Nimoo, Ladakh, berjarak 100 km dari lokasi bentrokan antara tentara India dan China di Lembah Galwan pada 15 Juni lalu. Dalam insiden tersebut, 20 tentara India tewas sedangkan di pihak China merahasiakan jumlah korban luka maupun tewas.

Modi juga menyempatkan diri mengunjungi para prajurit yang masih dirawat akibat bentrokan tersebut di rumah sakit di dekat wilayah Leh. Dalam kunjungannya tersebut, Modi didampingi Panglima Militer dan Bersenjata India.

Setelah insiden berdarah pada Juni lalu, India dan China telah mengadakan sejumlah pertemuan untuk meredakan ketegangan di wilayah perbatasan dua negara di Lembah Galwan. Namun, pembicaraan disebut tak membuahkan kesepakatan yang solutif.

Masih memanasnya ketegangan India dan China terkait perbatasan merembet pada kebijakan dalam negeri dua negara. Di India, pemerintah melarang penggunaan 59 aplikasi buatan China di telepon pintar, termasuk TikTok dengan alasan keamanan nasional.

India mengklaim aplikasi smartphobe besutan China berpotensi mengambil data pribadi pengguna dan pelanggaran privasi lainnya.

Tak sampai disitu, India juga memperketat masuknya barang-barang mentah dari China. Walhasil, banyak meterial industri farmasi yang akhirnya menumpuk di pelabuhan India karena aturan tersebut.

Editor : Arif Budiwinarto