Inflasi Desember 0,45 Persen, Waspadai Kenaikan Harga Pangan 

Giri Hartomo · Senin, 04 Januari 2021 - 18:29:00 WIB
Inflasi Desember 0,45 Persen, Waspadai Kenaikan Harga Pangan 
Inflasi pada akhir 2020 sebesar 0,45 persen disebabkan terjadinya kenaikan harga pangan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Desember 2020 mencapai 0,45 persen secara month to month (MoM). Sementara selama 2020 inflasi 1,68 persen.

Meskipun rendah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemerintah. Utamanya terkait kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan. 

Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudhistira mengatakan, pada akhir tahun inflasi disebabkan terjadinya kenaikan pada harga pangan. Di mana kontribusi pada inflasi berasal dari bahan pangan sebesar 2,17 persen pada Desember 2020. 

"Inflasi yang perlu dicermati adalah kenaikan harga bahan pangan pada Desember. inflasi pangan atau volatile food tercatat sebesar 2,17 persen pada Desember," ujarnya, Senin (4/1/2021). 

Menurut Bhima, inflasi tersebut bukan disebabkan kenaikan permintaan. Namun, terjadi karena adanya gangguan pada pasokan bahan pangan.

Misal, kenaikan harga pangan yang terjadi hampir di semua jenis cabai. Di mana faktor curah hujan yang tinggi ini membuat pasokan sedikit terhambat sehingga membuat harga cabai meningkat. "Kemudian ada kelangkaan pasokan kedelai impor itu juga berpengaruh," katanya. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2