Ini Dua Lokasi Khusus Rapid Tes Antigen Acak yang Akan Dilakukan Kemenhub

Aditya Pratama ยท Sabtu, 15 Mei 2021 - 14:40:00 WIB
 Ini Dua Lokasi Khusus Rapid Tes Antigen Acak yang Akan Dilakukan Kemenhub
Arus balik lebaran (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan random check rapid tes antigen di beberapa titik arus balik mudik lebaran. Diantaranya,  ada dua lokasi khusus, yakni antara Pulau Jawa-Sumatera, dan Pulau Bali-Jawa. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan random check rapid tes antigen ini juga disambut baik oleh Kementerian Kesehatan, bahkan menurutnya Menteri Kesehatan telah memberikan subsidi atas antigen dibeberapa tempat.

"Kita akan melakukan random check rapid tes antigen di dua tempat khusus, yaitu di antara Pulau Jawa dan Sumatera dan Pulau Bali dan Jawa. Oleh karenanya nanti saya akan tes, nah ini menjadi suatu mandatory," ujar Budi Karya, dalam video conference BNPB, Sabtu (15/5/2021).

Menhub menjelaskan, random check rapid tes antigen perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penambahan kasus baru Covid-19, pascalibur lebaran. 

"Kita melihat kemungkinan kalau tidak dilakukan upaya tertentu maka akan timbul kasus Covid-19 baru, baik di daerah asal maupun kota kota besar. Oleh karenanya, kita berinisiatif untuk melakukan testing di tempat-tempat tertentu yang sensitif," kata Budi Karya.

Selain di antara Jawa-Sumatera dan Bali-Jawa, pihaknya akan melakukan random check rapid tes antigen di wilayah lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kita akan melakukan testing itu baik di kota-kota maupun rest area, secara khusus kita akan melakukan "penyekatan" melakukan testing itu di jalan arteri. Artinya, kita secara intensif melakukan upaya-upaya itu," tutur Menhub. 

Editor : Jeanny Aipassa