Jadi Lambang Sumatra Selatan, Begini Kilas Balik Pembangunan Jembatan Ampera di Atas Sungai Musi

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 10 Desember 2020 - 14:45:00 WIB
 Jadi Lambang Sumatra Selatan, Begini Kilas Balik Pembangunan Jembatan Ampera di Atas Sungai Musi
Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan ikonik yang terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Jembatan Ampera merupakan salah satu jembatan ikonik yang terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan yang membentang di atas Sungai Musi ini memang telah diimpikan masyarakat Palembang sejak lama. Sebelumnya, hubungan antara seberang ilir dan seberang ulu dilayani dengan memakai jasa veerpont, kapal penyeberangan yang disebut masyarakat sebagai Kapal Marie.

Dilansir dari buku  'Jalan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke' yang disusun oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Kamis (10/12/2020), pembangunan Jembatan Ampera dimulai sejak tahun 1960. Keinginan masyarakat Palembang akan keberadaan jembatan ini sudah hadir sejak dahulu. Namun, realisasi pembangunan jembatan ini mulai semakin terang pada tahun 1960, yaitu ketika pembangunannya mulai dipublikasikan.

Salah satunya, Koran Yogyakarta Kedaulatan Rakyat pada 19 Juli 1960 yang memuat berita mengenai akan dilaksanakannya pembangunan jembatan modern di atas Musi Palembang: yang bagian tengahnya dapat diangkat. Wacana mengenai pembangunan jembatan di Sungai Musi kala itu kembali mengemuka pada tahun 1960. Kunjungan Presiden Soekarno ke Palembang tanggal 3 dan 4 November 1960 juga menjadi pemicu semakin intensnya pembangunan jembatan Musi digulirkan. 

Presiden Soekarno atas nama pemerintah pusat mengambil keputusan berdasarkan besarnya animo masyarakat yang menghendaki agar letak pembangunan Jembatan Musi terbentang di tengah badan Sungai Musi antara bagian ujung Jalan Tengkuruk di dermaga penyeberangan 16 Ilir pada bagian seberang ilir yang memanjang ke Jalan Sudirman dengan dermaga penyeberangan 10 Ulu di bagian seberang ulu.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda