Jokowi Akui Pengangguran Jadi Tugas Berat Pemerintah pada Masa Pandemi Covid-19

Aditya Pratama · Kamis, 03 Desember 2020 - 14:57:00 WIB
Jokowi Akui Pengangguran Jadi Tugas Berat Pemerintah pada Masa Pandemi Covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang belum diselesaikan pemerintah. Salah satunya, yaitu tingginya angka pengangguran akibat pandemi Covid-19 yang turut mengguncang perekonomian nasional.

Jokowi menuturkan, selain pengangguran yang semakin meningkat, terdapat juga masalah lain yang muncul. Dia mengatakan, besarnya angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja.

"Kita harus bergerak cepat karena masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang belum kita selesaikan. Kita akan dihadapkan pada besarnya jumlah pengangguran akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di masa pandemi, kita menghadapi besarnya angkatan kerja yang memerlukan lapangan pekerjaan," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020 secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Untuk mengatasi hal tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk melakukan reformasi struktural, seperti membenahi regulasi yang kompleks dan birokrasi yang rumit. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2