Jokowi: Kami Mendukung untuk Temukan Cara Baru Tangani Krisis

Fakhrizal Fakhri · Selasa, 08 September 2020 - 11:37 WIB
Jokowi: Kami Mendukung untuk Temukan Cara Baru Tangani Krisis

Presiden Joko Widodo. (Foto: Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut gembira kick off meeting pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020. Kegiatan ini diharapkan membawa solusi ataupun cara baru dalam mengatasi krisis.

"Kami mendukung pemeriksaan ini dilakukan segera, agar pemeriksaan ini mendukung kegiatan untuk menemukan solusi bagi cara-cara baru yang lebih baik dalam menangani krisis," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Kepala Negara menerangkan, upaya Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) merupakan tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), badan usaha milik negara (BUMN) hingga TNI-Polri. Dengan begitu, pengelolaan keuangan negara saat pandemi Covid-19 bisa transparan, akuntabel dan efektif.

"Sebagaimana kita tahu, pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintah dari pusat sampai daerah termasuk TNI-Polri, dan BUMN untuk melakukan langkah-langkah extraordinary dalam menghadapi krisis kesehatan dan krisis perekonomian," ucap dia.

Jokowi mengatakan, pemerintah harus bergerak sangat cepat dalam mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah pandemi, mempersiapkan rumah sakit, rumah isolasi, alat-alat kesehatan hingga obat-obatan dalam waktu yang sangat singkat.

"Pemerintah harus menggerakkan seluruh aparat untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menaati dan mengikuti protokol kesehatan," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, masyarakat lebih penting dibanding prosedur dan aturan yang berbelit-belit. Menurut dia, aturan yang dibuat sendiri itu sudah waktunya dirombak.

"Upaya extra ordinary harus di bidang perekonomian, bantuan sosial berupa kebutuhan pokok, bantuan sosial berupa uang tunai harus dilakukan untuk menyelamatkan masyarakat yang tiba-tiba menganggur, yang tiba-tiba tidak punya penghasilan. Bantuan untuk UMKM, subsidi gaji dan restrukturisasi kredit juga harus dilakukan secara cepat," katanya.

Dia menambahkan, langkah pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dilakukan agar perekonomian tidak semakin terpuruk dan kegiatan perekonomian masyarakat masih bisa berjalan. "Semua itu saya tegaskan kembali berulang-berulang untuk menyamakan frekuensi bahwa kita memang dalam kondisi krisis," ucap Jokowi.

Editor : Ranto Rajagukguk