Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Hadapi Situasi Dunia yang Tidak Baik-baik Saja, Apa Itu?

Raka Dwi Novianto ยท Selasa, 29 November 2022 - 11:52:00 WIB
Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Hadapi Situasi Dunia yang Tidak Baik-baik Saja, Apa Itu?
Presiden Jokowi dalam sambutan di acara LKPP. (Foto: YouTube LKPP)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan 3 strategi besar yang harus dilakukan Indonesia dalam menghadapi situasi dunia yang sedang tidak baik-baik saja.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Rakor Monev Inpres 2 tahun 2022 yang digelar oleh lembaga kebijakan pengadaan barang/ jasa pemerintah (LKPP).

Menurut dia, ada 3 strategi besar yang perlu didorong dan diterapkan untuk menghadapi dampak situasi dunia yang tidak pasti dengan ancaman resesi. 

Strategi pertama, meningkatkan penggunaan dan belanja produk-produk dalam negeri. Langkah ini, telah diterapkan sejumlah negara, seperti Amerika Serikat (AS) dan China, bahkan mulai diikuti kawasan Eropa.

"Karena dengan membeli produk-produk dalam negeri kita dapat membuka lapangan kerja dan menghidupkan industri-industri kecil di dalam negeri. Sehingga perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube LKPP, Selasa (29/11/2022).

Berdasarkan hasil laporan LKPP, lanjutya, capaian penggunaan produk dalam negeri sudah mencapai angka Rp547 Triliun atau 44,9 persen. Hal tersebut merupakan sebuah capaian yang bagus, dimana menunjukkan belanja produk dalam negeri sudah semakin meningkat. 

"Lebih dari 40 persen yang kita targetkan, tapi belanja produk dalam negeri tahun 2023 harus lebih tinggi lagi," kata Jokowi.

Jokowi pun meminta agar penggunaan produk-produk impor harus semakin kecil dan dihilangkan. Maka dari itu perlu ada terobosan-terobosan untuk meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri. 

"Saya ingatkan bahwa peningkatan target penggunaan produk dalam negeri harus diimbangi dengan upaya perbaikan ekosistem. Agar mampu memenuhi tuntutan kebutuhan di dalam negeri," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan agar dilakukan perbaikan besar besaran dari hulu sampai hIlir. Dimulai dari memperbanyak produk dalam negeri yang memiliki sertifikat TKDN agar kualitas produk dalam negeri semakin meningkat.

"Tapi proses pengurusan sertifikasi untuk produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi harus dipermudah. Jangan sampai menyulitkan dan memperberat," tegasnya.

Strategi kedua, kata Jokowi, yakni mempercepat proses digitalisasi untuk peningkatan penyerapan produk dalam negeri dan produk usaha mikro kecil dan koperasi. 

"Maksimalkan pembelian produk dalam negeri dan produk usaha mikro kecil yang sudah tayang dalam katalog elektronik maupun pada toko daring. Serta implementasikan penggunaan kartu kredit pemerintah atau pemerintah daerah," kata Jokowi.

Sedangkan strategi ketiga adalah meningkatkan riset produk substitusi impor dan pemberian insentif bagi investor. "Ketiga tingkatkan riset untuk menghasilkan produk substitusi impor. Keempat berikan insentif bagi investor dan industri yang mengembangkan dan memproduksi produk substitusi impor," tutur Jokowi.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda