Kegiatan diTempat Ibadah Diizinkan untuk Wilayah PPKM Level 3, Kapasitas Umat Maksimal 25 Persen

azhfar muhammad ยท Senin, 26 Juli 2021 - 08:15:00 WIB
Kegiatan diTempat Ibadah Diizinkan untuk Wilayah PPKM Level 3, Kapasitas Umat Maksimal 25 Persen
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan kegiatan di tempat ibadah diizinkan untuk wilayah yang masuk kategori PPKM Level 3

Namun demikian, kegiatan keagamaan, khususnya ibadah berjamaah di tempat-tempat ibadah seperti masjid, mushola, dan gereja, maksimal hanya bisa diikuti umat dengan kapasitas 25 persen, dan harus dengan penerapan regulasi seperti di PPKM Level 3. 

“Tempat ibadah (Mesjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 3 (tiga) dengan maksimal 25 persen (dua puluh lima persen) kapasitas atau 20 (dua puluh orang) orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat,” kata Luhut melalui konferensi Virtual, Minggu (25/7/2021). 

Menurut Menko Luhut, dengan adanya regulasi tersebut masyarakat yang hendak melakukan kegiatan di tempat ibadah harus lebih ketat mengedepankan protokol kesehatan bagi seluruh tempat peribadatan. 

“Untuk Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen (tujuh puluh persen),” ujar Menko Luhut.

Terkait kebijakan  pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 20 (dua puluh) undangan dan tidak mengadakan makan di tempat dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Editor : Jeanny Aipassa