Kehadiran Internet Dorong Kebiasaan Dual-Screen pada Konsumsi Media

JAKARTA, iNews.id - Konsumsi media saat ini menjadi lebih kompleks dengan kehadiran internet. Salah satunya mendorong kebiasaan dual-screen antara media digital dengan media konvensional.
Berdasarkan riset Nielsen yang dikutip Selasa (5/3/2019), kebiasaan dual-screen menjadi suatu hal yang lumrah, karena konsumen menikmati konten media melalui berbagai jenis perangkat digital.
"Terdapat setidaknya 50 persen duplikasi antara TV vs Digital, 62 persen duplikasi pada Radio vs Digital, sementara duplikasi Media Cetak dan Digital mencapai 72 persen," tulis Nielsen.
Menurut Nielsen, semua generasi telah mengadopsi internet dan penetrasi internet terus bertumbuh di semua kelompok usia. Saat ini, 79 persen dari pengguna mengakses internet melalui smartphone.
Penetrasi tertinggi ditemukan pada Generasi Milenial (kelahiran 1980-1999) dan Generasi Z (kelahiran di atas 2000) dengan penetrasi masing-masing 58 persen dan 50 persen. Sementara Generasi X (kelahiran 1960-1980) di angka 33 persen dan Generasi Baby Boomers (kelahiran 1946-1964) di angka 9 persen.