Kementerian ESDM Pastikan Tarif Listrik Tak Naik hingga Akhir 2020

Djairan ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:37 WIB
Kementerian ESDM Pastikan Tarif Listrik Tak Naik hingga Akhir 2020

Pemerintah memastikan tidak akan ada kenaikan tarif listrik hingga akhir tahun 2020. (Foto: PLN)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan tidak akan ada kenaikan tarif listrik hingga akhir tahun 2020. Hal tersebut seiring banyaknya pertanyaan masyarakat mengenai kenaikan tagihan listrik di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menyebut, tarif listrik akan tetap sama tanpa penyesuaian. Perihal kenaikan tagihan listrik yang ramai dikeluhkan, menurut dia, murni disebabkan oleh meningkatnya pemakaian listrik oleh para pelanggan.

"Ini perlu kami tekankan lagi, bahwa pemerintah tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik sampai akhir tahun ini. Kalau ada kenaikan tagihan listrik, itu semata-mata karena kenaikan pemakaian oleh pengguna," ujar Rida saat konferensi pers di kantor BNPB Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Rida menyebut, hingga bulan Mei 2020, terdapat 300.000 pelanggan yang telah mengadu terkait lonjakan tagihan listrik, khususnya pengguna pascabayar. Sebagai tindak lanjut, hingga saat ini PT PLN (Persero) telah menangani lebih dari setengah dari jumlah total aduan itu.

"Sudah lebih setengah dari 300.000 aduan itu ditangani teman-teman PLN, itu ditindaklanjuti karena memang pelanggan berhak mendapatkan subsidi," kata dia.

Dia menyebut, sejak 2017, PLN telah membuka layanan pengaduan berbasis online, seperti lewat website resmi. Lalu pada Januari 2020, juga diluncurkan Program Peduli yang memudahkan masyarakat untuk mengadu terkait subsidi listrik dari pemerintah.

Editor : Ranto Rajagukguk