Kereta Bandara Soetta Sampai Stasiun Manggarai Diluncurkan Besok

Rahmat Fiansyah · Jumat, 04 Oktober 2019 - 22:23 WIB
Kereta Bandara Soetta Sampai Stasiun Manggarai Diluncurkan Besok

Kereta api Bandara Soekarno-Hatta saat uji coba di Stasiun Manggarai, Jumat (4/10/2019) sebelum diluncurkan besok. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kereta bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hingga Stasiun Manggarai siap diluncurkan besok, Sabtu (5/10/2019). Sebelumnya, kereta ekspres ini hanya sampai Stasiun BNI City, Dukuh Atas.

Dalam undangan yang diperoleh iNews.id, Jumat (4/10/2019), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan akan menghadiri langsung softlaunching layanan kereta bandara di Stasiun Manggarai untuk jalur 9 dan 10. Peluncuran tersebut diagendakan pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA:

Kereta Bandara Soetta Transit di Stasiun Manggarai Bulan Ini

KA Bandara Soetta Sepi Penumpang, Ini Kata Dirut KAI

Menhub sebelumnya mengatakan, layanan kereta bandara hingga Stasiun Manggarai diperlukan agar keterisian kereta bisa maksimal. Dia menargetkan setidaknya keterisian bisa mencapai minimal 50 persen.

"Semula kan hanya kurang lebih 30-35 persen," kata Menhub, belum lama ini.

Sepinya kereta bandara selama ini disinyalir karena kereta tidak berhenti melayani penumpang di Stasiun Manggarai. Padahal, rute kereta ini dari awal seharusnya di Manggarai karena merupakan salah satu stasiun transit utama.

Kereta ini sempat diperpanjang rutenya hingga Stasiun Bekasi untuk mendongkrak jumlah penumpang. Namun, Railink menutup layanan tersebut per 8 September 2019 untuk persiapan ke Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral.

"Mungkin ada hal yang tidak dimengerti, bahwa kereta bandara itu departure sama destination-nya kan di Manggarai, bukan di Sudirman. Kalau di Sudirman itu, orang mau berangkat itu akan kesulitan, perlu masuk keluar (stasiun)," kata Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro.

Dengan soft launching ini, maka kereta bandara akan melayani lima stasiun yaitu Stasiun Soekarno-Hatta, Batu Cepet, Duri, BNI City, dan Manggarai.

Mengutip situs Railink, harga normal tiket kereta bandara reguler Rp100.000, sementara sejak 2 Januari 2018 hingga saat ini berlaku tarif promo Rp70.000


Editor : Rahmat Fiansyah