Kesan Bule Prancis terhadap Jokowi: Andal, Dipercaya, dan Sangat Pintar

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 09 November 2019 - 13:37 WIB
Kesan Bule Prancis terhadap Jokowi: Andal, Dipercaya, dan Sangat Pintar

Presiden Jokowi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Bule asal Prancis, Bernard Chene mengaku terkesan dengan Presiden Joko Widodo saat pertama kali bertemu. Pria yang memberi nama panggilan 'Jokowi' tersebut memiliki tiga kata untuk menggambarkan sosok RI-1 tersebut.

"Dapat diandalkan (reliable), dapat dipercaya (simply faithful), dan sangat pintar (very smart). Itu tiga kata untuk Jokowi," ucapnya lewat akun Youtube Presiden Joko Widodo, Sabtu (9/11/2019).

BACA JUGA:

Sosok Bernard Chene, Bule Prancis Pencipta Nama Jokowi

Ternyata Ini Awal Mula Joko Widodo Dipanggil Jokowi

Chene mengungkapkan, kesan positif dari Jokowi terlihat saat pertama kali diperkenalkan dari Paman Jokowi pada 1999. Saat itu, Chene meminta Jokowi untuk mengekspor produk mebel yang langsung disanggupi.

"Dari situ saya langsung merasa bisa mempercayainya," kata dia.

Meski sudah menjadi Presiden, kata Chene, Jokowi sama sekali tidak melupakan sahabatnya. Saat hendak kunjungan kerja ke Paris, Jokowi menghubunginya untuk bertemu.

Dia mengaku ragu pada awalnya. Namun, kerugian itu sirna saat dia dihubungi Kedutaan Besar RI di Prancis bahwa Jokowi bersedia menemuinya. Protokoler saat itu hanya memberinya waktu 25 menit saja dan Jokowi menahan Chene dalam pertemuan hingga satu setengah jam.

"Dia bilang 'Bernard, saat ini saya bukan sedang menjadi presiden, sekarang saya adalah Jokowi, sedang bertemu kamu Bernard, kita bisa berbincang tentang keluarga, tentang bisnis kita, tentang hubungan kita,' dan saat itu saya merasa Jokowi adalah saudara saya," tutur Chene.

Sikap rendah hati Jokowi, menurut Chene, tidak pernah berubah sejak pertama kali bertemu. Saat dia melihat Jokowi lewat internet dari kebijakan yang dibuat, cara dia berbincang dengan kepala negara lain, tidak ada yang berubah.

"Dia tetap Jokowi yang sama bagi saya," ujar Chene.

Dia mengaku bangga dengan apa yang telah dicapai Jokowi. Dia juga tetap berharap bisa terus menjadi saudaranya dan akan terus mendukung langkah sahabatnya itu.


Editor : Rahmat Fiansyah