Kinerja Manufaktur Membaik, Kemenkeu Sebut Aktivitas Ekonomi Global Mulai Pulih

Aditya Pratama ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 11:37:00 WIB
Kinerja Manufaktur Membaik, Kemenkeu Sebut Aktivitas Ekonomi Global Mulai Pulih
Kemenkeu melaporkan kinerja manufaktur global (index PMI global) pada Juni 2020 mulai menunjukkan tren positif di 47,8 persen. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan kinerja manufaktur global (index PMI global) pada Juni 2020 mulai menunjukkan tren positif di 47,8 persen. Hal ini menunjukkan indikasi aktivitas ekonomi global mulai pulih.

Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Kemenkeu Ubaidi S Hamidi menjelaskan, index PMI global dari Maret hingga Mei 2020 menunjukkan titik terendah. Namun, mulai Juni 2020 catatan itu sudah makin membaik.

"Tetapi kemudian sekarang kita mencoba untuk yang global ini sudah mulai membaik," ujar Ubai dalam video conference 'Tanya BKF', Jumat (3/7/2020).

Dia menyampaikan, PMI manufaktur Indonesia juga telah mengalami pertumbuhan positif pada Juni 2020 di titik 40 persen setelah sebelumnya berada di titik terendah pada Mei 2020.

Dari data tersebut, Ubai berpendapat catatan positif ini merupakan indikator yang cukup baik karena memang untuk data PMI terbaru di beberapa negara menunjukkan aktivitas telah kembali positif.

"Meski masih di level kontraksi tapi PMI manufaktur Indonesia sudah meninggalkan titik terendahnya. Di Indonesia Juni sudah membaik, saya kira ini merupakan indikator yang cukup baik," ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda