Naik 200 Persen, Pemerintah Intensifkan Ekspor Mamin ke Jepang

Antara ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 00:25 WIB
Naik 200 Persen, Pemerintah Intensifkan Ekspor Mamin ke Jepang

Penjualan meningkat, pemerintah mengintensifkan ekspor produk makanan dan minuman (mamin) olahan ke pasar Jepang. (Foto: Antaranews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengintensifkan ekspor produk makanan dan minuman (mamin) olahan ke pasar Jepang. Ini ditunjukkan dengan meningkatnya penjualan produk mamin ke Negeri Sakura.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan pada masa pandemi Covid-19 penjualan mamin ke Jepang meningkat 200 persen. Untuk itu, perlu dimanfaatkan secara maksimal.

“Besarnya pasar mamin di Jepang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Geliat pasar mamin pascapandemi Covid-19 di Jepang tentunya membuka peluang ekspor bagi para pelaku usaha Indonesia. Peluang inilah yang perlu digarap dengan serius,” ujarnya di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Kepala Balai Besar PPEI Noviani Vrisvintati menambahkan untuk dapat menembus pasar Jepang sejumlah hal perlu diperhatikan pelaku usaha Indonesia.

"Pelaku usaha di Indonesia diharapkan dapat mengidentifikasi selera pasar di Jepang, mempersiapkan standardisasi serta sertifikasi berkaitan produk pangan olahan, seperti izin BPOM dan HACCP agar terjamin keamanan produknya. Kemudian menjaga kualitas produk, sanitasi dan higienitas, uji kandungan nutrisi untuk persyaratan label, kesiapan kapasitas produksi, dan kecepatan merespons permintaan calon buyer," katanya.

Editor : Dani Dahwilani