Kisah Menhub Budi Karya, dari Arsitek hingga Punya Bisnis Kuliner

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Kamis, 12 September 2019 - 12:18 WIB
Kisah Menhub Budi Karya, dari Arsitek hingga Punya Bisnis Kuliner

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Siapa sangka sebelum menjadi seorang pejabat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ternyata memiliki bisnis rumah makan pempek Palembang. Rumah makan yang bernama Warung Pempek Cawan Putih ini dia dirikan bersama istrinya.

Namun, sebelum bisnisnya berhasil seperti saat ini, Budi bersama istrinya beberapa kali mengalami kegagalan. Maklum saja, Budi yang asli Palembang tidak ada latar belakang bisnis kuliner sebelumnya. 

"Karena terdesak (membuat pempek). Tapi akhirnya kita belajar, pas bisa kita buka resto dan ternyata restorannya laku ya Alhamdulillah," ujarnya kepada iNews.id di rumah dinasnya, belum lama ini.

Dia yang merupakan anak dari buruh, berupaya bekerja keras mengejar cita-cita menjadi seorang arsitek. Meski sulit, tapi dia berhasil lulus dari Universitas Gadjah Mada jurusan Arsitektur pada tahun 1981. Proyek yang berhasil dia buat ialah kawasan Bintaro Jaya yang kini menjadi lokasi mandiri di Tangerang Selatan.

"Saya di Palembang ingin jadi arsitek tapi perjalanan jadi arsitek pun berliku karena orangtua saya ingin saya jadi dokter. Tapi waktu itu saya kimianya jelek," kata dia.

Selepas lulus dari UGM dia memulai karier profesionalnya di PT Pembangunan Jaya hingga tahun 2004. Kemudian dia didapuk menjadi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo pada 2004-2013. Sejumlah megaproyek di Ibu Kota berhasil dibereskan, di antaranya, revitalisasi taman kota Waduk Pluit dan Waduk Ria-Rio serta penyelesaian rumah susun sederhana sewa di Marunda.

Tidak hanya itu, Budi yang akrab disapa BKS itu pun berhasil menduduki posisi tertinggi di PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan PT Angkasa Pura II (Persero). Kemudian pada 27 Juli 2016 saat Reshuffle Kabinet jilid II dia diangkat menjadi Menhub menggantikan Ignasius Jonan.

"Waktu itu dikasih tahu juga jam 9 malam memang agak sedikit kaget. Apalagi sejak jadi Menteri ritme kerjanya lain, tempatnya banyak yang harus dikunjungi, dan permasalahan juga banyak," ucapnya.

Selama menjadi Menhub, Budi mengaku menjalaninya tidak mudah karena banyak kebijakan yang dibuat menjadi pertentangan di masyarakat. Salah satunya tentang ojek online dan taksi online di mana ini menjadi pro dan kontra bagi angkutan umum konvensional dan online.

"Kelompok taksi biasa pasti marah banget sama saya. Padahal pak Presiden itu meminta bila kita targetkan suatu usaha upayakan usaha itu eksis apabila usaha itu memberikan kemaslahatan bagi masyarakat," tutur dia.

Untuk melihat selengkapnya kisah Menhub Budi Karya Sumadi dalam menjalani lika-liku hidupnya hingga menjadi salah satu Menteri Kabinet Kerja dan apa saja kesehariannya selama menjadi Menhub, saksikan program Alvin & Friends, Senin 16 September 2019, pukul 21.00 WIB hanya di iNews.


Editor : Ranto Rajagukguk