Kritik DP Rumah 0 Persen, Erick Thohir: Tidak Mendidik

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 18:08 WIB
Kritik DP Rumah 0 Persen, Erick Thohir: Tidak Mendidik

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir mengkritik kebijakan uang muka (down payment/DP) rumah 0 persen. Dia menilai hal tersebut tidak mendidik anak muda untuk bertanggung jawab.

Menurut Erick, penghapusan DP membuat orang cenderung tak bertanggung jawab dengan keputusannya mencicil barang. Pasalnya, tidak ada usaha saat awal membeli.

"Saya tidak setuju dengan DP nol persen atau zero percent down payment, karena ini tidak mendidik generasi muda kita untuk menabung," ujar Erick di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Pemilik Mahaka Group tersebut menilai, DP seharusnya tetap ada sehingga anak muda dididik untuk terbiasa menabung sejak dini. Adanya DP dinilainya juga membuat cicilan yang dibayar setiap bulan lebih meringankan dibanding tanpa DP.

"Dengan bunga KPR 5 persen atau berapa persen, maka generasi muda itu akan punya rasa tanggung jawab. Namun akses jangka waktu cicilan KPR untuk 20-30 tahun serta tentunya cicilannya tidak memberatkan," tuturnya.

Erick khawatir rumah DP 0 persen membuat kebijakan tak tepat sasaran. Bisa jadi, kata dia, ada spekulan yang menikmati kebijakan tersebut, bukan generasi muda.

"Jangan-jangan nanti yang rumah DP nol persen itu bukan anak mudanya yang ambil, melainkan diambil para pialang atau trader untuk dijual kembali," kata Erick.


Editor : Rahmat Fiansyah