Kritik Tanri Abeng ke Erick Thohir: Jangan Cepat Bongkar Pasang Direksi BUMN

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 16 Maret 2021 - 15:37:00 WIB
Kritik Tanri Abeng ke Erick Thohir: Jangan Cepat Bongkar Pasang Direksi BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Upaya transformasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan melakukan penyesuaian dan perombakan struktur manajemen perusahaan pelat merah menjadi sorotan. Sebab, tidak beberapa lama, manajemen sejumlah BUMN kembali diganti atau dirotasi.

Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng menilai, dalam waktu yang cukup singkat sudah terjadi pergantian direksi dan komisaris di sejumlah perusahaan pelat merah. Langkah itu dinilai terlalu tergesa-gesa. Bahkan, memberikan kesan buruk bagi kinerja BUMN.  

Di sisi investasi, penggantian manajemen yang terlalu cepat akan menciptakan stigma negatif dari investor asing terhadap perusahaan pelat merah. Dalam skema Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI), lembaga ini berpotensi menarik investasi asing ke Indonesia.

Hanya saja dengan dinamika struktural di internal BUMN, justru dipandang dapat menjadi penghambatnya. "Menteri BUMN (Erick Thohir) jangan terlalu cepat bongkar pasang manajemennya, tapi taruhnya manajemen yang kompeten, berikan otoritas responsibility dan dipantau, jangan sebentar ganti lagi. Jadi bagaimana kita bisa mengharapkan INA ini memperoleh dana yang cukup untuk bisa disalurkan kepada BUMN yang memiliki potensi?" ujarnya Selasa (16/3/2021). 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2