Lebih Efektif PPKM Mikro atau Lockdown untuk Tekan Kasus Covid? Ini Kata Pengamat

Michelle Natalia ยท Jumat, 25 Juni 2021 - 10:08:00 WIB
Lebih Efektif PPKM Mikro atau Lockdown untuk Tekan Kasus Covid? Ini Kata Pengamat
Pemerintah pilih menerapkan PPKM mikro dibanding lockdown untuk kendalikan Covid.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah memperketat aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Pemerintah pun berpikir PPKM mikro merupakan solusi terbaik untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air. 

Namun berbeda dengan pemerintah, ekonom sekaligus Direktur Center of Economics and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira berpendapat, skenario terbaik yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 adalah lockdown selama 14 hari. 

"Skenario lockdown relatif lebih murah baik dari sisi ekonomi maupun anggaran dibanding PPKM mikro," kata Bhima kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Jumat(25/6/2021).

Dia menjelaskan, lockdown memang bisa menurunkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III. Namun jika dilakukan pengawasan efektif, maka ekonomi Indonesia pada kuartal IV bisa tumbuh solid. 

"Seperti China yang melakukan lockdown, ekonominya sempat turun -6,8 persen pada kuartal I 2020, tapi positif di kuartal ke II sebesar 3,2 persen, dan berlanjut hingga terakhir kuartal I 2021 ekonomi China tumbuh menakjubkan sebesar 18,3 persen," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2