Luhut Pastikan Presidensi G20 Indonesia Tahun Depan Lancar

azhfar muhammad ยท Jumat, 26 November 2021 - 08:08:00 WIB
Luhut Pastikan Presidensi G20 Indonesia Tahun Depan Lancar
Menko Marves Luhut BInsar Pandjaitan memastikan gelaran Presidensi G20 Indonesia tahun depan lancar

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah memastikan perhelatan presidensi G20 di Indonesia pada 2022 mendatang akan lancar.  

Hal itu disampaikan Luhut saat memimpin rapat koordinasi penyelenggaraan G20 bersama dengan pejabat dari Kementeriaan Koordinasi Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian PUPR, Ketua LPS, TNI, dan Polri.  

“Pada rapat ini kita mau memastikan kelancaran 182 kegiatan pada rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022 yang akan diselenggarakan di berbagai lokasi. Untuk itu, saya minta persiapan yang matang di berbagai aspek,” kata Luhut dalam keterangannya, dikutip Jumat (26/11/2021). 

Dia memaparkan arahan tindak lanjut untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan KTT G20 tahun depan. Luhut menyampaikan agar Kemensetneg, Kominfo, Kemendag, TNI, dan Kemenkes membuat standar layanan acara masing-masing yang bisa diterapkan dalam kegiatan G20.

“Kita di sini kerja tim. Kita kerjakan dengan persiapan yang baik, maka hasilnya akan baik. Seperti saat kita selenggarakan IMF-WB Annual Meeting semua pihak memandang sebelah mata, tapi kita buktikan bahwa bangsa ini bangsa besar yang bisa menyelesaikan masalahnya,” tuturnya.

Dia juga  menyampaikan agar semua instansi dan pihak yang terlibat agar bangga dan bekerja dengan tulus. Selain itu, jangan merasa lembaganya yang paling hebat karena penyelenggaraan G20 merupakan kerja tim.

“Saya minta semua yang hadir hari ini jangan hanya omong-omong saja, semua harus pasang target. Kesuksesan mencapai target itulah ukuran suksesnya nanti,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) selama kegiatan, Luhut meminta agar Menteri Kesehatan dimasukkan dalam Keputusan Presiden No.12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Terkait dengan tersebarnya lokasi side event G20, Luhut meminta Menteri Perhubungan Budi Karya  Sumadi untuk mempersiapkan transportasi kesejumlah wilayah tersebut dengan baik. 

“Kami telah mempersiapkan flow kedatangan pada Bandara Ngurah Rai dan bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Termasuk untuk flow kedatangan VIP melalui terminal domestik,” ucapnya. 

Terkait dengan lalu lintas di lokasi penyelenggaraan, Kementerian Perhubungan telah menyewa bus listrik untuk mendukung akomodasi para peserta KTT G20. 

“Saya minta urusan transportasi ini betul-betul dicek. Pak Susi (Sesmenko Perekonomian) tolong didata kembali berapa peserta yang menggunaan privet jet atau pesawat komersil supaya pengaturannya jelas. Jangan sampai kita buat pemimpin negara-negara menunggu,” kata Luhut.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: