Masjid Segitiga Ridwan Kamil di Rest Area Jadi Polemik, Begini Kata Jasa Marga

Rully Ramli ยท Minggu, 02 Juni 2019 - 22:30 WIB
Masjid Segitiga Ridwan Kamil di Rest Area Jadi Polemik, Begini Kata Jasa Marga

Masjid Al-Safar yang berlokasi Rest Area KM 88 B Jalan Tol Cileunyi, Jawa Barat. (Foto: Humas Jasa Marga)

JAKARTA, iNews.id - Masjid Al-Safar yang berlokasi di rest area KM 88 B ruas jalan tol Cileunyi menjadi polemik. Rumah ibadah umat Islam yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu menjadi simbol illuminati.

Illuminati merupakan istilah yang diberikan kepada organisasi rahasia. Kelompok ini begitu populer di kalangan penyuka teori konspirasi.

Corporate Communications Jasa Marga, Irra Susiyanti meminta masyarakat untuk lebih bijak dalam mencerna informasi yang beredar.

"Jasa Marga tidak memiliki maksud sedikitpun untuk menggambarkan simbol-simbol dalam masjid Al-Safar yang bertentangan dengan akidah agama," kata Irra melalui keterangan tertulis, Minggu (2/6/2019).

Dia menuturkan, pengadaan desain dan pembangunan masjid tersebut sudah sesuai dengan ketentuan pengadaan barang dan jasa. Sejak awal, kata dia, Jasa Marga telah menggelar "beauty contest".

"Dan kami menilai desain terpilih berdasarkan kesesuaian konsep dengan rest area dimana masjid dibangun," kata dia.

Irra menyebut, desain itu disiapkan Gubernur Ridwan Kali melakukan hasil evaluasi berdasarkan konsep sesuai rest area. Yaitu, pengguna jalan dapat beribadah dengan nyaman di masjid atau beristirahat sejenak di rest area yang lengkap dan menarik, termasuk arsitektur masjidnya.

Melalui akun Instagram @ridwankamil, Ridwan Kamil mengatakan, Masjid Al-Safar adalah hasil dari riset teori Folding Architecture alias lipatan. Mantan Walikota Bandung tersebut selama ini dikenal sebagai arsitek yang profesional.

"Seperti origami, hasilnya adalah lekukan dan ruang berbentuk segitiga," kata pria yang kerap disapa Kang Emil itu.

Masjid Al-Safar diresmikan pada tahun 2016. Masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna jalan tol karena desainnya yang unik di samping fasilitas di sekitar masjid seperti taman dan kolam yang asri.


Editor : Rahmat Fiansyah