Masuk STAN Sulit, Tahun Ini Pendaftar yang Lolos Hanya 0,6 Persen

Rina Anggraeni · Kamis, 23 September 2021 - 21:11:00 WIB
 Masuk STAN Sulit, Tahun Ini Pendaftar yang Lolos Hanya 0,6 Persen
Ilustrasi penerimaan mahasiswa Politeknik Keuangan Negara–Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa para mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara–Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) yang diterima tahun ini adalah putra-putri terbaik bangsa Indonesia.

Hal itu, disebabkan dari 44.540 pendaftar di tahun ini, hanya 0,6 persen atau 512 orang yang lolos menjadi mahasiswa di PKN STAN. Para mahasiswa baru ini telah berhasil bersaing dengan seluruh pendaftar yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

“Kalian patut untuk merasa berbangga atas pencapaian itu. Namun rasa bangga ini harus menjadi modal bagi kalian untuk terus menjaga dan meningkatkan prestasi, tentu dengan belajar semaksimal mungkin tanpa henti dan tanpa ada batas di Politeknik Keuangan Negara STAN,” ujar Sri Mulyani, di Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Dia menjelaskan, dari 512 PKN STAN tahun ini, 272 orang adalah mahasiswa reguler dan 240 lainnya adalah mahasiswa tugas belajar. "Kalian 0,6 persen dari total pendaftar, Anda adalah top of the top, dan jadi putra putri terbaik. Maka, jangan sia-siakan kesempatan belajar di STAN," kata Sri Mulyani.

Pada kesempatan itu, Menkeu berpesan agar para mahasiwa baru ini sungguh-sungguh belajar tentang keuangan negara yang merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pembangunan Indonesia. 

“Anda akan belajar mengenai keuangan negara yaitu sebuah instrumen yang luar biasa penting untuk membangun Indonesia. Mewujudkan cita-cita bangsa kita dan membangun Indonesia menjadi negara, bangsa, dan perekonomian yang maju serta bermartabat, adil dan Makmur,” ungkap Sri Mulyani. 

Dia menyampaikan pentingnya sikap saling menghomati diantara para mahasiswa baru karena PKN STAN merupakan kampus miniatur Indonesia yang berisi para mahasiwa dari seluruh Indonesia.

“Langkah kalian hari ini tidak hanya penting bagi kehidupan Anda, namun juga bagi bangsa Indonesia kedepan," tutur Sri Mulyani.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: